Kursus Mekanik Motor dan Penjualan Alat Injeksi

  • Beranda
  • Kursus Mekanik Terapan
  • Mekanik Injeksi
    • Alat Injeksi dan Bengkel Modern
  • Info Detail
    • Tentang Kami
    • Brosur Mekanik Moge
    • Brosur Kursus Mekanik
  • Bengkel Alumni
  • Kontak

14 Maret 2020 by Dadang Auto Champion

CB 150 R Jalan 1 KM Brebet Kemudian Mati, Dihidupkan Lagi Susah

CB 150 R Jalan 1 KM Brebet Kemudian Mati, Dihidupkan Lagi Susah

motor injeksi mudah mati

Problem

Pelanggan barusan beli CB150R old second (bekas) dengan keluhan jika dibuat jalan 1 km mesin brebet, kemudian mati, dan untuk dihidupkan kembali susahnya minta ampun. Pada saat mesin brebet indikator di speedo meter kedap-kedip. Ditunggu beberapa menit mesin baru bisa dihidupkan, tapi jarak yang ditempuh semakin pendek kemudian terjadi gejala seperti yang diterangkan di atas.

Solusi

Kemudian di bawa ke bengkel katanya akinya. Setelah akinya ganti (tapi tidak sesuai spesifikasi, aki yg digunakan aki tipe MF GTZ5S merek GS yang amperenya cuma 3,5 A sedangkan akinya asli CB150R MF GTZ6V yang amperenya 5,3A). Kemudian dibawalah motor tersebut ke bengkel Injeksi Wahyu Motor Sidoarjo. Setelah mendengar cerita dari pemiliknya disimpulkan bahwa sistem pengisian tidak bekerja dengan semestinya. Karena di CB150R old terdapat capasitor bank yang dapat mengcover kebutuhan listrik di saat aki sudah tidak bisa bekerja dengan baik (soak). Sehingga harusnya motor dapat hidup normal meskipun aki rusak atau bahkan tanpa aki.

Langkah berikutnya………

Langkah 1 aki dicas, setelah penuh motor bisa dihidupkan. Nah pada saat hidup ini langsung mekanik cek sistem pengisianya pakai AVO meter dan ternyata pada saat kecepatan stasioner voltase cenderung turun, tapi begitu tuas gas di tarik sedikit kira-kira pada posisi 3000 rpm baru ada pengisian. Kemudian cek kiprok lalu urut lagi kabel-kabelnya dan ternyata soket kabel dari sepul terbakar, hal ini memang sering terjadi pada CB150R old. Setelah soket dimodifilasi pakai terminal listrik yang kabelnya dijepit menggunakan baut, dan soket sudah diperbaiki dan kabel sudah tidak panas lagi, dicoba lagi, tapi hasilnya nihil.

Kemudian Mekanik coba bongkar spulnya dan ternyata spulnya terbakar, setelah diskusi dgn pemilik akhirnya digulung ulang. Setelah sepul digulung ulang dan sdh terpasang ternyata hanya bertahan 1 minggu dan sepul terbakar lagi, kemudian mekanik komplainkan ke bengkel dimamo dan mereka mau munggulung ulang, setelah terpasang lagi ternyata hanya bertahan 1jam dan sepul terbakar lagi (menggulung spull ulang sangat tidak disarankan instruktur Auto Champion). Dengan kejadian tersebut sang pemilik minta sepulnya minta diganti yang assy (komplit) dan orisinil (harga 430rb). Setelah terpasang mekanik tidak berani langsung menghidupkan mesin terlebih dahulu. Mekanik berfikir kalo dihidupkan langsung, kalo terbakar spulnya lagi bagaimana?. Akhirnya mekanik berpkir masa akinya yang tidak sesuai spesifikasi, soalnya head lamp menggunakan lampu tipe H4 dengan watt 55-65 dan begitu kontak ON lampu langsung nyala, jadi arus aki cepat terkuras dan sistem pengisian bekerja lebih extra.

Saran mekanik kepada pemilik adalah akinya diganti saja sesuai spek, dan orangnya setuju bahkan dia juga minta kipronya sekalian (harganya 200an) diganti takutnya komponen di dalam kiprok terjadi konsleting. Setelah semua terpasang mekanik langsung hidupkan mesin dan ukur pengisiannya, voltase yang masuk di rpm 3000 adalah14.66v kalo stasianer 13.45V. Selesai sudah troublenya dan pelanggan pun puas meskipun mengeluarkan biaya yang tdk sedikit.

Referensi :

Kasus bengkel motor injeksi Sidoarjo Jawa Timur yang masuk ke redaksi Auto Champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion

Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta

Filed Under: Tips Trik Motor Tagged With: CB 150 R Jalan 1 KM Brebet Kemudian Mati, Dihidupkan Lagi Susah, motor injeksi mudah mati, spul terbakar

Kursus Mekanik Motor Jarak jauh

Kursus Mekanik Motor Jarak jauh

Kursus Mekanik Motor Dan Biaya Hidup Di Jogja

Kursus Mekanik Motor Dan Biaya Hidup Di Jogja

Bengkel Alumni

Bengkel Alumni

Jual Alat Motor Injeksi

Jual Alat Motor Injeksi

Pencarian

Tentang Kami

Tentang Kami

Auto Champion Training Centre merupakan lembaga pendidikan Kursus Mekanik Motor berprestasi : Juara 1 Lomba Inovasi Bisnis di Yogyakarta Juara 10 Besar Nasional Lomba Inovasi Bisnis Juara 1 Lomba Intruktur Sleman DIY Ikut 3 Besar Lomba Instruktur DIY Detail informasi tentang kita silakan merujuk ke Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja … Baca Selengkapnya >>>

HUBUNGI VIA WHATSAPP

https://www.youtube.com/watch?v=I4GzSqD4xNs

515 Lebih Artikel Terapan

Tips Trik Mekanik Motor dan Artikel Inspirasi

Map

Artikel Terbaru

  • Ciri-Ciri MAQS Mio J Error
  • Vario 125 Cepat Panas
  • Vario 110 Esp Tenaga Lemah
  • Vario 110 Esp Kode 52 Ganti CKP Tapi Tetap Muncul Kode 52
  • Analisa Suara Kerusakan Matik Beat FI
  •  Cara Kami Mengangkat Murid Kursus Mekanik
  • Agar Bengkel Motor Ramai (Pengalaman Siswa)
  • Buka Bengkel Motor Di Masa WabahTetap Ada Rezeki

© Copyright 2015 Kursus Motor Auto Champion Training Center · All Rights Reserved ·
Kunjungi Alat Bengel Modern Kami: Toko Alat Motor Injeksi Auto Champion ·
Kunjungi Blog Kami: Blog Mekanik Terapan Auto Champion·