Daftar Istilah bagi montir/mekanik motor
Sebelum kita tuliskan satu-persatu, terkait judul diatas ada kata serapan dalam bahasa belanda, yaitu montir, montir asalnya dari kata monteur (bahasa belanda). Tapi saya lebih suka menggunakan bahasa mekanik motor bukan montir motor.
Inilah beberapa kata atau istilah penting untuk diketahui mekanik atau motir sepeda motor yang diterangkan dengan gaya bahasa bebas :
Istilah | keterangan |
Motor sistem Injeksi | Sistem suplay bahan bakar yang menggunakan injector yang saat penyemprotanya diatur ECU/ECM yang didukung dengan sensor-sensor. Pada sistem itu tidak ada karburator, anda mencari CDI juga tidak akan ketemu karena sistem pengapianya jadi satu dengan ECU (Electronic Control unit) atau ECM (Electronic Contol Module) yang merupakan otak pengatur sistem Injeksi dan Pengapianya. |
HIDS | Honda Injection Diagnostic System (alat untuk mendiagnosa kerusakan sistem injeksi Honda) |
FIDT | Fuel Injection Diagnostic Tool (alat untuk mendiagnosa kerusakan sistem injeksi Yamaha) |
DLC | Data Link Connector (bagian motor yang dicolok alat diagnosa injeksi untuk mengecek kerusakan) |
Overlapping klep | Keadaan dimana kedua katup hisap dan katup buang terbuka secara bersama sama. Hanya terjadi pada 4 tak. Untuk memudahkan pendalaman pengetahuan tentang overlapping klep, silakan lihat diagram pembukaan katup. |
SOHC (Single Overhead Camshaft) | Mesin dengan 1 noken as atau kem atau camshaft |
DOHC (Double Overhead Camshaft) | Mesin dengan dobel noken as (noken asnya 2) |
Detonasi/nglitik | Suara mesin akibat angka oktan terlalu rendah |
Pre igninion | pembakaran yang terjadi di ruang bakar tapi bukan terjadi karena api di busi, melainkan karena titik panas di ruang bakar karena sisa karbon pembakaran atau disebut dengan hotspot/ titik panas. |
Inertia | Ketidak mampuan benda untuk bergerak atau berhenti dengan sendirinya. Atau dengan definisi lain bahwa sebuah object (benda) akan cenderung bergerak pada arah yang sama atau kecepatan yang sama samapi digerakkan dengan kekuatan lain. |
Usaha | Besarnya gaya yang bekerja pada suatu benda sehingga benda tersebut mengalami perpindahan |
Power/daya/tenaga | Kemampuan mengangkat beban/ menarik beban selama periode tertentu. Satuanya HP (horse power) atau DK (Daya Kuda) atau Watt |
Torsi atau moment atau torque | Usaha untuk memutar. Satuanya N.m (Newton meter) |
RPM | Rotation per minute ada juga yang mendefinisikan revolutions per minute, atau gampanyanya putaran per menit. |
TMA | Titik Mati Atas. Biasa digunakan untuk istilah posisi seker paling mentok atas. |
TMB | Titik Mati Bawah. Biasa digunakan untuk istilah posisi seker paling bawah |
Perbandingan kompresi | Perbandingan antara( volume silinder + volume ruang bakar) dibagi dengan volume ruang bakar. |
Bore Up | Membesarkan diameter blok silinder |
Bore | Diameter blok silinder |
Stroke/langkah stroke | Jarak pergerakan piston dari atas ke bawah |
Over haul | Turun mesin |
Tachometer | Alat untuk mengukur RPM |
Compression tester | Alat untuk mengukur tekanan kompresi silinder |
Oversize | Membesarkan blok silinder dengan standar ukuran antara 25, 50, 75 sampai 100. |
Verbosh | Menyetandarkan lagi blok silinder yang sudah habis oversizenya biasanya dilakukan tukang bubut |
Tap | Membuat ulir untuk dimasuki baut di sebuah object |
CC | Ukuran volume silinder satuanya Centimeter Cubik. Dikalikan sesuai jumlah silinder, Rumusnya volume silinder : luas lingkaran silinder X langkah stroke X jumlah silinder |
Maping | kegiatan menyeting CDI racing sesuai dengan kebutuhan |
Standar EURO | Standar emisi gas buang di negeri Eropa. |
Dyno Test | Tes untuk mengetahui power dan torsi/moment atau torque sebuah mesin. Bisa diistilahkan pembuktian langsung akan performa dengan angka akurat. |
Dan lain lain, sebenarnya masih banyak istilah penting, sementara itu dulu ya.
Terima kasih
Dadang Auto Champion
Kursus Montir Motor