Efek Setelan Katup Ninja 250 Fi Terlalu Rapat
Stelan katup ninja 250 FI berbeda dengan setelan katup motor biasa, tapi dengan cara mengganti shim bentuknya hampir mirip batere jam. Biasanya ganti shimnya jika setelan sudah terlalu rapat atau terlalu longgar. Model katup penyetelan shim juga didapati pada motor Suzuki Satria FU.
Shim diganti jika setelan terlalu rapat. Menurut analisa mekanik kawasaki, kenapa setelan klep atau setelan katup terlalu rapat?, “biasanya payung klepnya, karena buka tutup jadi aus, otomatis batang klep semakin naik dan menyebabkan setelan klep menjadi sempit atau rapat. Kalau motor model stelan shim, lama gak disetel malah semakin sempit karena aus bagian payung klep sama dudukannya. Soalnya motor dengan klep model shim biasanya bisa rpm tinggi mas. Itu salah satu penyebab sering aus payung klepnya. Ada juga yang mencoba mengakali, mungkin karena kelangkaan spare part, karena setelan katup terlalu rapat maka shimnya diamplas sampai ketemu setelan.”(dikutip dengan penyesuaian) Untuk shim diamplas saya pribadi tidak sarankan. Adapun jika setelan katup terlalu rapat, efeknya kompresi bisa drop, atau ngempos bahasa jawanya. Oleh karena itu biasakan servis motor dan cek celah katup masih standar atau tidak. Adapun cara menyetel katupnya silakan lihat di buku manual.
Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor