Kursus Mekanik Motor dan Penjualan Alat Injeksi

  • Beranda
  • Kursus Mekanik Terapan
  • Mekanik Injeksi
    • Alat Injeksi dan Bengkel Modern
  • Info Detail
    • Tentang Kami
    • Brosur Mekanik Moge
    • Brosur Kursus Mekanik
  • Bengkel Alumni
  • Kontak

17 Maret 2020 by Dadang Auto Champion

Knocking/nglitik motor injeksi Honda vario 125

Knocking/nglitik motor injeksi Honda vario 125

            Satu kasus lagi kami hadirkan terkait trouble shooting dan perbaikan knocking Honda vario 125 injeksi. Benarlah orang yang mengatakan, “perencanaan teoritis semata, tidak akan bermanfaat jika tanpa aplikasi prakteknya”. Silakan simak pengalaman langsung praktis dari bengkel Wahyu motor dengan mekanik sekaligus pengelola, Agus Wahyudi, sengaja kita kutip teks orisinilnya dengan penyelarasan editing, beliaunya hubungi saya untuk dishare dengan harapan agar lebih bermanfaat.

Ini teks email sudah diedit untuk penyelarasan penyampaian………

Problem

Kebanyakan motor Honda vario 125 injection pada mesinya seperti terdengar suara knocking. Sebenarnya sudah lama kasus tersebut dikeluhkan oleh pelanggan kami, tapi mereka enggan untuk melakukan perbaikan alasanya mereka sudah komplain dealer resmi/bengkel resmi, tapi jawabanya yang mereka terima terkesan menakut-nakuti pelanggan yang katanya harus ganti inilah itulah dengan total biaya sekian ratus ribu. Bengkel resmi tersebut kayaknya enggan melakukan perbaikan yang bersifat komplain.

Solusi

Karena sudah tidak tahan dengan suara tersebut, pelanggan tersebut membawa motornya ke bengkel kami (Agus Wahyudi/Wahyu Motor). Kami mencoba untuk menganalisa masalah tersebut. Suara knocking timbul pada saat stationer dan pada saat gas diplintir pada saat mau jalan. Kadang posisi jalan dengan kecepatan rendah sampai sedang terdengar suara knocking, suaranya persis kaya mesin mobil yang penyalaanya terlalu maju.

Setelah kami analisa, suara tersebut bersumber pada ruang CVT kemudian kami bongkar rumah roller/weight, kemudian kami cek ternyata rumah roller/weight dan busingnya agak sedikit oblak, kemudian kami ganti rumah roller(weight) dan busingnya, lalu kami pasang, ternyata masih bunyi juga, kemudian kami bongkar kembali, kami mencoba analisa roller/weightnya, kondisi roller/weight masih bagus, tidak pelos.

Jika diamati, ternyata roller/weightnya Honda vario diameternya dan besarnya hampir sama dengan punya Suzuki spin, kemudian kami coba subtitusi roller/weight Suzuki spin dan kami pasang pada rumah roller/weight Honda vario 125 injection ternyata hasilnya memuaskan, bunyi knocking hilang sama sekali, tarikan lebih ringan soalnya bobot roller Suzuki spin lebih ringan dibandingkan dengan punya vario 125 injeksi. Sebagai tambahan, roller/weight Suzuki spin 15 gram dan berat roller/weight Honda vario 18 gram.

dibawah ini gambar pendukungnya 

weight matik

roller/weight metik

bushing

cvt matik

Sekian, Itulah pengalaman langsung dari mas Agus wahyudi, ditulis, ditrouble shooting dan diperbaiki dengan gaya bebas dan lepas.

Agar lebih paham tentang suara nglitik ato detonasi di motor dan penyebabnya, baca artikel ini “pembakaran normal dan tidak normal”

Terima kasih

Dadang Auto Champion

Kursus Mekanik Motor

Filed Under: Tips Trik Motor Tagged With: Knocking/nglitik motor injeksi Honda vario 125

Kursus Mekanik Motor Jarak jauh

Kursus Mekanik Motor Jarak jauh

Kursus Mekanik Motor Dan Biaya Hidup Di Jogja

Kursus Mekanik Motor Dan Biaya Hidup Di Jogja

Bengkel Alumni

Bengkel Alumni

Jual Alat Motor Injeksi

Jual Alat Motor Injeksi

Pencarian

Tentang Kami

Tentang Kami

Auto Champion Training Centre merupakan lembaga pendidikan Kursus Mekanik Motor berprestasi : Juara 1 Lomba Inovasi Bisnis di Yogyakarta Juara 10 Besar Nasional Lomba Inovasi Bisnis Juara 1 Lomba Intruktur Sleman DIY Ikut 3 Besar Lomba Instruktur DIY Detail informasi tentang kita silakan merujuk ke Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja … Baca Selengkapnya >>>

HUBUNGI VIA WHATSAPP

https://www.youtube.com/watch?v=I4GzSqD4xNs

515 Lebih Artikel Terapan

Tips Trik Mekanik Motor dan Artikel Inspirasi

Map

Artikel Terbaru

  • Ciri-Ciri MAQS Mio J Error
  • Vario 125 Cepat Panas
  • Vario 110 Esp Tenaga Lemah
  • Vario 110 Esp Kode 52 Ganti CKP Tapi Tetap Muncul Kode 52
  • Analisa Suara Kerusakan Matik Beat FI
  •  Cara Kami Mengangkat Murid Kursus Mekanik
  • Agar Bengkel Motor Ramai (Pengalaman Siswa)
  • Buka Bengkel Motor Di Masa WabahTetap Ada Rezeki

© Copyright 2015 Kursus Motor Auto Champion Training Center · All Rights Reserved ·
Kunjungi Alat Bengel Modern Kami: Toko Alat Motor Injeksi Auto Champion ·
Kunjungi Blog Kami: Blog Mekanik Terapan Auto Champion·