Kursus Mekanik Motor dan Penjualan Alat Injeksi

  • Beranda
  • Kursus Mekanik Terapan
  • Mekanik Injeksi
    • Alat Injeksi dan Bengkel Modern
  • Info Detail
    • Tentang Kami
    • Brosur Mekanik Moge
    • Brosur Kursus Mekanik
  • Bengkel Alumni
  • Kontak

3 Maret 2020 by Dadang Auto Champion

Komponen Sistem Pendingin Air Dan Fungsinya

Komponen Sistem Pendingin Air Dan Fungsinya

Untuk melakukan trouble shooting kerusakan sistem pendingin diperlukan paham kinerja dan fungsi komponen. Saya terangkan komponen sistem pendingin ninja 250 FI karena pas ada masalah di bagian sistem pendiginnya, yaitu mesin cepat panas dan indikator panas menyala. Hasil pemeriksaan ternyata ada masalah di sirip radiator sekitar 30% tersumbat dan tutup radiator tidak bekerja maksimal. Setelah sirip radiator dibersihkan ganti tutup radiator, sejauh ini tidak ada masalah. Berikut fungsi komponen sistem pendingin.

  1. Radiator: penukar panas yang digunakan untuk mentransfer kelebihan panas yan dihasilkan mesin ke atmosfir. Jangan sampai tersumbat, baik saluran dalamnya ataupun sirip radiator luar untuk proses pendinginan yang lancar.

  2. Water pump : fungsinya adalah jantung sistem pendingin untuk memompa coolant

  3. ECT sensor (Engine Coolant Temperatur) sensor : untuk memonitor temperatur mesin. ECU akan menggunakan data untuk mengatur Fuel Injection atau penyemprotan bensin dan Ignition Time atau waktu pengapian. Data juga digunakan untuk mengontrol kipas radiator ( suhu 103 derajat celsius akan menjadikan kipas radiator menyala sebagaimana data manual kawasaki Ninja 250 FI) dan untuk update display temperatur.

  4. Thermostat : adalah katup yang mengatur aliran cooland dan membantu menjaga termperatur kerja mesin. 63,55-65,5 derajat celsius termostat membuka (manual kawasaki ninja 250 FI)

Referensi :

Manual Kawasaki Ninja 250 FI

https://www.youtube.com/watch?v=y5p31F_dVJU

Terima kasih

Dadang Auto Champion

Kursus Mekanik Motor InjeksiTerapan di Jogja

Filed Under: Uncategorized Tagged With: fungsi komponen sistem pendingin air, fungsi sistem radiator, fungsi water coollant system, komponen water coolant system

Kursus Mekanik Motor Jarak jauh

Kursus Mekanik Motor Jarak jauh

Kursus Mekanik Motor Dan Biaya Hidup Di Jogja

Kursus Mekanik Motor Dan Biaya Hidup Di Jogja

Bengkel Alumni

Bengkel Alumni

Jual Alat Motor Injeksi

Jual Alat Motor Injeksi

Pencarian

Tentang Kami

Tentang Kami

Auto Champion Training Centre merupakan lembaga pendidikan Kursus Mekanik Motor berprestasi : Juara 1 Lomba Inovasi Bisnis di Yogyakarta Juara 10 Besar Nasional Lomba Inovasi Bisnis Juara 1 Lomba Intruktur Sleman DIY Ikut 3 Besar Lomba Instruktur DIY Detail informasi tentang kita silakan merujuk ke Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja … Baca Selengkapnya >>>

HUBUNGI VIA WHATSAPP

https://www.youtube.com/watch?v=I4GzSqD4xNs

515 Lebih Artikel Terapan

Tips Trik Mekanik Motor dan Artikel Inspirasi

Map

Artikel Terbaru

  • Ciri-Ciri MAQS Mio J Error
  • Vario 125 Cepat Panas
  • Vario 110 Esp Tenaga Lemah
  • Vario 110 Esp Kode 52 Ganti CKP Tapi Tetap Muncul Kode 52
  • Analisa Suara Kerusakan Matik Beat FI
  •  Cara Kami Mengangkat Murid Kursus Mekanik
  • Agar Bengkel Motor Ramai (Pengalaman Siswa)
  • Buka Bengkel Motor Di Masa WabahTetap Ada Rezeki

© Copyright 2015 Kursus Motor Auto Champion Training Center · All Rights Reserved ·
Kunjungi Alat Bengel Modern Kami: Toko Alat Motor Injeksi Auto Champion ·
Kunjungi Blog Kami: Blog Mekanik Terapan Auto Champion·