Kursus Mekanik Motor dan Penjualan Alat Injeksi

  • Beranda
  • Kursus Mekanik Terapan
  • Mekanik Injeksi
    • Alat Injeksi dan Bengkel Modern
  • Info Detail
    • Tentang Kami
    • Brosur Mekanik Moge
    • Brosur Kursus Mekanik
  • Bengkel Alumni
  • Kontak

26 Maret 2020 by Dadang Auto Champion

Setelah oversize dan ganti seker dan ring seker motor masih berasap

Setelah oversize dan ganti seker dan ring seker motor masih berasap

Dilihat dari gejala diatas, ada 2 analisa penyebab kerusakan yang bisa dicermati:

1. Kesalahan prosedur pemasangan

2. Kesalahan pengerjaan tukang bubut.

Namun demikian semua itu harus dibuktikan dan dicek dengan prosedur yang benar terlebih dahulu. Kejadian diatas sebenarnya bisa diantisipasi dengan baik bila sudah tahu ilmunya. Hampir mayoritas terjadi karena kesalahan prosedur pengerjaan. Berikut ini akan saya beri tip-tip untuk mengatasi masalah tersebut:

keterangan gambar: dari kiri ke kanan berurutan gambar 1,2 dan 3. Gambar 1 (nok ada di blok silinder dan kepala silinder), gambar 2 (bagian belakang seker dilumuri oli). Gambar 3 (pastikan bagian ruang seker atas tidak ada oli yang mrembes)

1. Pastikan nok sambungan antar blog masih ada dan terpasang dengan baik (gambar 1). Karena nok yang sudah dalam kondisi rusak atau tidak komplit akan menyebabkan blok kepala silinder atau blok silindernya mudah bergoyang dan tidak presisi sehingga akan menyebabkan gesekan seker dan ring seker tidak presisi dan jadi penyebab berasap.

2. Pemasangan ring seker jarak antar gap 120° (versi pabrikan) atau dirakit model versi mekanik umum dengan jarak 180° antar gap ring seker. Keduanya sudah saya coba dan keduanya bisa diterapkan semua.

3. Sebelum dihidupkan terlebih dahulu dicek dalam dengan tahap berikut :

1. Bagian belakang seker dilumuri oli terlebih dahulu, untuk mengecek oli bocor ke seker bagian depan atau tidak (gambar 2).

2. Tahap berikutnya setelah ring seker dirakit dan dimasukkan silinder blok dibaut atau ditahan dan diputar dengan memutar baut magnet (gambar 3). Kemudian pastikan kondisi ruang seker tidak boleh ada oli sedikitpun, bila kondisi ruang seker tidak ada oli sedikitpun yang lewat, sudah bisa dipastikan ketika dirakit dan dikompliti semua, motor tidak akan berasap, kecuali dari sumber lain selain tempat tadi.

4. Apabila dengan tahap diatas yang sudah sesuai prosedur ternyata ada oli mrembes keruang seker, berarti ada kemungkinan kesalahan pas pengerjaan oleh tukang bubutnya. Dan kondisi seker belum rusak karena mesin belum dihidupkan. Paling kita diganti dengan dioversize lagi tanpa bea.

Demikian tips dari saya. Terimasih selamat mencoba

Dadang Auto Champion

Kursus Mekanik Motor

Filed Under: Tips Trik Motor Tagged With: ganti ring seker berasap lagi, ganti seker berasap lagi, Setelah oversize dan ganti seker dan ring seker motor masih berasap, turun mesin berasap lagi

Kursus Mekanik Motor Jarak jauh

Kursus Mekanik Motor Jarak jauh

Kursus Mekanik Motor Dan Biaya Hidup Di Jogja

Kursus Mekanik Motor Dan Biaya Hidup Di Jogja

Bengkel Alumni

Bengkel Alumni

Jual Alat Motor Injeksi

Jual Alat Motor Injeksi

Pencarian

Tentang Kami

Tentang Kami

Auto Champion Training Centre merupakan lembaga pendidikan Kursus Mekanik Motor berprestasi : Juara 1 Lomba Inovasi Bisnis di Yogyakarta Juara 10 Besar Nasional Lomba Inovasi Bisnis Juara 1 Lomba Intruktur Sleman DIY Ikut 3 Besar Lomba Instruktur DIY Detail informasi tentang kita silakan merujuk ke Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja … Baca Selengkapnya >>>

HUBUNGI VIA WHATSAPP

https://www.youtube.com/watch?v=I4GzSqD4xNs

515 Lebih Artikel Terapan

Tips Trik Mekanik Motor dan Artikel Inspirasi

Map

Artikel Terbaru

  • Ciri-Ciri MAQS Mio J Error
  • Vario 125 Cepat Panas
  • Vario 110 Esp Tenaga Lemah
  • Vario 110 Esp Kode 52 Ganti CKP Tapi Tetap Muncul Kode 52
  • Analisa Suara Kerusakan Matik Beat FI
  •  Cara Kami Mengangkat Murid Kursus Mekanik
  • Agar Bengkel Motor Ramai (Pengalaman Siswa)
  • Buka Bengkel Motor Di Masa WabahTetap Ada Rezeki

© Copyright 2015 Kursus Motor Auto Champion Training Center · All Rights Reserved ·
Kunjungi Alat Bengel Modern Kami: Toko Alat Motor Injeksi Auto Champion ·
Kunjungi Blog Kami: Blog Mekanik Terapan Auto Champion·