Kursus Mekanik Motor dan Penjualan Alat Injeksi

  • Beranda
  • Kursus Mekanik Terapan
  • Mekanik Injeksi
    • Alat Injeksi dan Bengkel Modern
  • Info Detail
    • Tentang Kami
    • Brosur Mekanik Moge
    • Brosur Kursus Mekanik
  • Bengkel Alumni
  • Kontak

25 Maret 2020 by Dadang Auto Champion

Spare part motor kadaluwarsa

Spare part motor kadaluwarsa

            Siapapun yang mau buka bengkel harus paham dan mengetahui seluk beluk seputar spare part. Ternyata ada beberapa spare part yang memiliki kadaluwarsa. Jika masa kadaluwarsa tersebut sudah lewat maka sudah tidak aman untuk dijual apalagi dipasang di sepeda motor. Pengetahuan yang lugu, polos dan minim tentang spare part, bisa berakibat fatal terhadap kelangsungan usaha. Selain masalah keawetan, ada komponen spare part yang vital juga dan bisa membahayakan nyawa apabila sudah kadaluarsa. Diantaranya

Ban

Ban termasuk spare part atau komponen yang vital. Jika sampai meletus pada kecepatan tinggi taruhanya nyawa. Perlu jeli untuk membaca kode ban, mulai dari tahun pembuatan, rentang umur ban disimpan dan dipakai, standar beban, standar kecepatan, dimensi dan lain sebagainya. Pent- gambar dibawah in diambil dari adymanalu.wordpress.com

 kode ban

kode ban

Aki

Jika anda beli aki, tapi belum lama dipakai kok sudah rusak, itu juga salah satu indikasi akinya sudah kadaluwarsa. Meski ada aki yang bisa rusak karena faktor kurangnya perawatan atau pengetahuan tentang pemakaian. Pastikan bisa membaca kode produksi aki dan spesifikasinya baik aki kering ataupun aki basah. Gambar di bawah ini diambil dari stpoil.co.id. Pada referensi web tersebut juga disebutkan umur aki dari pasca produksi antara 4-6 tahun, adapun usia pemakaian sekitar 2 tahun.

kode aki

Sil karet

Di mesin atau komponen chasis juga sering ada sil untuk perapatnya. Mirip ban juga jika sudah kadaluwarsa, karet cenderung keras dan tidak elastis sehingga mengurangi kerapatan.

Oli

Untuk urusan oli saya belum mengetahui detail tapi silakan pelajari sendiri saat belanja dan tanyakan dengan selengkap mungkin. Karena oli juga termasuk bagian paling sering diganti. Bedakan asli palsunya dan apakah ada penerapan tentang expirednya atau kadaluwarsanya. Setidaknya apakah ada penurunan kualitas jika disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Mungkin sementara itu dulu, bagi yang ingin menambahkan atau sharing bisa ke amanahilmiah@yahoo.co.id siapa tahu bisa bermanfaat bagi sobat otomotif.

Referensi :

Referensi 1

Referensi 2

Terima kasih

 

Dadang Auto Champion.

Kursus Mekanik Motor

 

Filed Under: Tips Trik Motor Tagged With: Spare part motor kadaluwarsa

Kursus Mekanik Motor Jarak jauh

Kursus Mekanik Motor Jarak jauh

Kursus Mekanik Motor Dan Biaya Hidup Di Jogja

Kursus Mekanik Motor Dan Biaya Hidup Di Jogja

Bengkel Alumni

Bengkel Alumni

Jual Alat Motor Injeksi

Jual Alat Motor Injeksi

Pencarian

Tentang Kami

Tentang Kami

Auto Champion Training Centre merupakan lembaga pendidikan Kursus Mekanik Motor berprestasi : Juara 1 Lomba Inovasi Bisnis di Yogyakarta Juara 10 Besar Nasional Lomba Inovasi Bisnis Juara 1 Lomba Intruktur Sleman DIY Ikut 3 Besar Lomba Instruktur DIY Detail informasi tentang kita silakan merujuk ke Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja … Baca Selengkapnya >>>

HUBUNGI VIA WHATSAPP

https://www.youtube.com/watch?v=I4GzSqD4xNs

515 Lebih Artikel Terapan

Tips Trik Mekanik Motor dan Artikel Inspirasi

Map

Artikel Terbaru

  • Ciri-Ciri MAQS Mio J Error
  • Vario 125 Cepat Panas
  • Vario 110 Esp Tenaga Lemah
  • Vario 110 Esp Kode 52 Ganti CKP Tapi Tetap Muncul Kode 52
  • Analisa Suara Kerusakan Matik Beat FI
  •  Cara Kami Mengangkat Murid Kursus Mekanik
  • Agar Bengkel Motor Ramai (Pengalaman Siswa)
  • Buka Bengkel Motor Di Masa WabahTetap Ada Rezeki

© Copyright 2015 Kursus Motor Auto Champion Training Center · All Rights Reserved ·
Kunjungi Alat Bengel Modern Kami: Toko Alat Motor Injeksi Auto Champion ·
Kunjungi Blog Kami: Blog Mekanik Terapan Auto Champion·